Efektivitas Penggunaan Media Motion Graphic Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Kelas 3 Di Sekolah Dasar Negeri 40 Palembang
Keywords:
Media Pembelajaran, Motion Graphic, MatematikaAbstract
Penelitian ini berfokus pada analisis dari efektivitas penggunaan media motion graphic sebagai pendukung pembelajaran matematika kelas 3 di Sekolah Dasar Negeri 40 Palembang. Dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui efektivitas atau berhasil tidaknya penggunaan media motion graphic ini sebagai pendukung pembelajaran. Dalam pengembangan media pendukung pembelajaran berbasis motion graphic ini, Penulis menggunakan metode penelitian pengembangan multimedia yaitu Luther dan skala Likert guna menghitung kuesioner yang diberikan saat sosialisasi media pembelajaran. Responden dalam penelitian ini berjumlah 4 orang ahli yang terdiri dari 2 orang ahli multimedia dan 2 orang ahli matematika, serta responden beta yang terdiri dari 32 orang siswa/i kelas 3B di Sekolah Dasar Negeri 40 Palembang yang didapatkan dari penyebaran kuesioner online. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa penilaian kelayakan media pendukung pembelajaran berbasis motion graphic kepada 2 kategori responden ahli bila di rata-ratakan dari responden ahli multimedia mendapatkan index presentase 94% dan berada dalam kategori “Sangat Baikâ€. Kemudian dari responden ahli matematika bila di rata-ratakan mendapatkan index presentase 96% dan berada dalam kategori “Sangat Baikâ€. Berdasarkan hasil penilaian pertanyaan pilihan kepada responden beta apabila di rata-ratakan mendapatkan index presentase 89,375% dan berada dalam kategori “Sangat Baikâ€. Maka, penggunaan dari media motion graphic sebagai pendukung pembelajaran matematika untuk anak kelas 3 di Sekolah Dasar Negeri 40 Palembang ini bisa dikatakan efektif.