Implementasi Animasi Motion Graphic Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Praktik Pemrograman Berorientasi Objek

Authors

  • Danang Sebastian Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Ervi Cofriyanti Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Rian Rahmanda Putra Politeknik Negeri Sriwijaya

Keywords:

Pandemi Covid-19, Media Pembelajaran, Motion Graphic, Pemrograman Berorientasi Objek, Multimedia Development Life Cycle, Metode Cohen Kappa

Abstract

Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap setiap lini kehidupan masyarakat termasuk proses belajar mengajar. Motion graphic untuk pembelajaran bukanlah hal baru sebagai salah satu sumber belajar. Motion graphic sebagai media pembelajaran memiliki keunggulan yakni dapat menyampaikan pembelajaran secara inovatif, dinamis, efektif dan efisien. Pembuatan media pembelajaran Motion Graphic pada mata kuliah Praktik Pemrograman Berorientasi Objek ini bertujuan untuk memberikan suatu media pembelajaran yang berbeda dari sebelumnya. Pada pengembangan media pembelajaran ini digunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Metode pengukuran Cohen Kappa digunakan dalam penelitian untuk mengolah data yang telah diperoleh dari penyebaran kuesioner. Responden dalam penelitian berjumlah 2 orang ahli multimedia. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa nilai kelayakan media pembelajaran berupa animasi motion graphic ini berada pada nilai index “0,615384†berdasarkan kategori keputusan moment kappa dan berada di kategori “Tinggiâ€.

Downloads

Published

2022-11-03