Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Tentang Robot Lengan 6-Sumbu Pada Mata Kuliah Robotika di Jurusan Teknik Komputer

Authors

  • Lutfiah Indryani Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Herlambang Saputra Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Isnainy Azro Politeknik Negeri Sriwijaya

Keywords:

Media Pembelajaran, Virtual Reality, Robot Lengan 6-Sumbu.

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan banyak kemudahan di berbagai bidang termasuk dalam dunia pendidikan. Contoh pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan adalah penggunaan media pembelajaran berbasis virtual reality. Dengan pemanfaatan Virtual Reality, siswa dapat menjelajahi suatu objek seperti pada dunia aslinya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu media pembelajaran berbasis virtual reality untuk salah satu materi pada mata kuliah Robotika tentang pengenalan salah satu jenis robot yang tidak tersedia  secara  nyata di lingkungan perkuliahan yaitu robot lengan 6-sumbu. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan skala Likert. Hasil dari kuesioner alfa yang diisi oleh ahli media menunjukkan media pembelajaran berbasis virtual reality tentang pengenalan robot lengan 6-sumbu ini berada di kategori sangat baik dengan persentase sebesar 83,3%. Sementara untuk kuesioner beta yang diisi oleh mahasiswa D3 Teknik Komputer Politeknik Negeri Sriwijaya menunjukkan persentase sebesar 88,16% yang juga berada dalam kategori sangat baik.

 

Downloads

Published

2022-11-03