Pemanfaatan Media Pembelajaran 3 Dimensi Untuk Materi Kecerdasan Buatan Dalam Mata Kuliah Kecerdasan Buatan

Authors

  • Rahmad Aditya Pratama Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Ahyar Supani Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Ali Firdaus Kom. Politeknik Negeri Sriwijaya

Keywords:

COVID-19, Media Pembelajaran, Kecerdasan Buatan, 4D

Abstract

Dimasa Pandemi COVID-19 ini segala sesuatu pun menjadi terhambat dan susah termasuk dibidang pendidikan. Berlandaskan hal tersebut penulis membuat suatu media pembelajaran 3 dimensi pada mata kuliah kecerdasan buatan. Media pembelajaran ini berisikan informasi tentang materi-metri yang diajarkan dalam mata kuliah kecerdasan buatan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu : 1) Pendefinisian (Define), 2) Perancangan (Desing), 3) Pengembagan (Develop), dan 4) Penyebaran (Disseminate). Untuk mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran 3 dimensi kecerdasan buatan, Penulis melakukan pengujian terhadap 55 responden yang didominasikan oleh mahasiswa umum. Hasil pengujian membuktikan bahwa media pembelajaran tiga dimensi ini efektif dan efisien dengan skor jawaban mencapai 229,9 dalam kategori “Sangat Setuju”.  

Downloads

Published

2022-11-03