Peran Motivasi Individu Terhadap Perilaku Donasi Pada Platform Kitabisa The Effect Of Motivation Towards Donating Behavior At Kitabisa Platform

Main Article Content

Imas Permatasari
Heni Yuvita
Ulfah Muharramah
Raras Risia Yogasnumurti

Abstract




Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris dengan mengetahui pengaruh Motivasi Individu terhadap Perilaku Donasi di platform Kitabisa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna platform Kitabisa yang pernah melakukan donasi secara online melalui Kitabisa, sehingga untuk jumlah pasti populasi pada penelitian ini tidak bisa diketahui. Penelitian ini bersifat kausal dengan 225 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Program analisis regresi (Statistical Product and Service Solutions) digunakan untuk mengukur hubungan antar variabel. Variabel Motivasi Individu diukur dengan empat dimensi, yaitu Trust (TR), Reward (REW), Karakteristik Organisasi (KA) dan Pengaruh Lingkungan (PE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Motivasi Individu terhadap Perilaku Donasi. Adapun dimensi paling dominan pada variabel Motivasi Individu adalah Pengaruh Lingkungan (PE). Faktor keagamaan, kenalan yang aktif berdonasi melalui Kitabisa, terjadinya bencana, kesadaran akan kebutuhan sesama, serta permintaan untuk berdonasi memiliki pengaruh paling kuat pada pembentukkan perilaku mendonasi individu. Keterbatasan yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain penelitian hanya fokus pada satu organisasi non-profit, yakni Kitabisa.


Article Details

How to Cite
Permatasari, I., Yuvita, H., Muharramah, U. ., & Yogasnumurti, R. R. (2023). Peran Motivasi Individu Terhadap Perilaku Donasi Pada Platform Kitabisa: The Effect Of Motivation Towards Donating Behavior At Kitabisa Platform. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 56–65. https://doi.org/10.5281/zenodo.10378592
Section
Articles