Experiential Marketing Dalam Pemasaran Pariwisata Berkelanjutan di Desa Burai ( Studi Kasus : Post Tour POPARNAS 2023)
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.8145616Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Experiental Marketing yang dirasakan wisatawan pada acara Post Tour POPARNAS 2023. Experiental Marketing adalah strategi pemasaran, dimana pemasar berusaha untuk merangsang pelanggan dari segi emosionalnya, dengan cara melibatkan unsur-unsur emosi pelanggan dalam penciptaan pengalaman-pengalaman positif yang tidak terlupakan dalam benak pelanggan, sehingga pelanggan mau membeli dan menjadi loyal/ fanatik terhadap suatu brand tertentu. Pendekatan yang dilakukan yaitu Sense – Sensory Experience, Feel – Affective Experience, Think – Reative Cognitive Experience, Act – Physical Experience & Entitle Lifestyle dan Relate – Social Identity Experience Lokasi penelitian di Desa Burai, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan Teknik pengambilan data secara observasi, kuesioner dan studi literatur. Responden merupakan wisatawan yang mengunjungi Burai pada Post Tour POPARNAS 2023. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Experiental Marketing membuat wisatawan merasakan kebahagian yang lebih dibandingkan tanpa pendekatan ini. Dengan pengalaman yang diciptakan wisatawan menginginkan kunjungan Kembali dan mencari tahu lebih mengenai Desa Burai.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).