Experiential Marketing Dalam Pemasaran Pariwisata Berkelanjutan di Desa Burai ( Studi Kasus : Post Tour POPARNAS 2023)

Authors

  • Alditia Detmuliati Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Handika Fikri Pratama Politeknik Pariwisata Palembang
  • Muhammad Iqbal Djohan Politeknik Pariwisata Palembang

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.8145616

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Experiental Marketing yang dirasakan wisatawan pada acara Post Tour POPARNAS 2023.  Experiental Marketing adalah strategi pemasaran, dimana pemasar berusaha untuk merangsang pelanggan dari segi emosionalnya, dengan cara melibatkan unsur-unsur emosi pelanggan dalam penciptaan pengalaman-pengalaman positif yang tidak terlupakan dalam benak pelanggan, sehingga pelanggan mau membeli dan menjadi loyal/ fanatik terhadap suatu brand tertentu. Pendekatan yang dilakukan yaitu Sense – Sensory Experience, Feel – Affective Experience, Think – Reative Cognitive Experience, Act – Physical Experience & Entitle Lifestyle dan Relate – Social Identity Experience Lokasi penelitian di Desa Burai, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan Teknik pengambilan data  secara observasi, kuesioner dan studi literatur. Responden merupakan wisatawan yang mengunjungi Burai pada Post Tour POPARNAS 2023. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa  Experiental Marketing membuat wisatawan merasakan kebahagian yang lebih dibandingkan tanpa pendekatan ini. Dengan pengalaman yang diciptakan wisatawan menginginkan kunjungan Kembali dan mencari tahu lebih mengenai Desa Burai.

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Detmuliati, A., Pratama, H. F., & Djohan, M. I. (2023). Experiential Marketing Dalam Pemasaran Pariwisata Berkelanjutan di Desa Burai ( Studi Kasus : Post Tour POPARNAS 2023) . Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 54–64. https://doi.org/10.5281/zenodo.8145616