Kualitas Pelayanan Politeknik Pariwisata Palembang Bagi Mahasiswa

Main Article Content

Alem Pameli
M Arief Rahman
Rika Sadariawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas layanan administrasi akademik di Politeknik Pariwisata Palembang dengan mengidentifikasi faktor strategis internal yang terdiri dari kekuatan dan kelemahan. Faktor kekuatan yang berupa prasarana kerja yang mendukung, akreditasi lembaga pendidikan, lokasi kampus strategis, kemudahan melakukan keluhan, jenjang pendidikan dosen, dan tampilan bangunan yang megah memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kepuasan mahasiswa. Namun, faktor kelemahan seperti kesesuaian mata kuliah dengan kebutuhan tenaga kerja, belum adanya beasiswa untuk mahasiswa berprestasi, kesesuaian biaya kuliah dengan fasilitas yang diterima, dan kekurangan SDM pegawai yang hanya memiliki pendidikan SMA memengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa. Berdasarkan analisis matriks internal dan eksternal, kualitas layanan di Politeknik Pariwisata Palembang berada pada posisi Growth atau sedang berkembang dengan skor bobot internal sebesar 3,49 dan eksternal 3,55. Melalui analisis SWOT, dapat dihasilkan strategi alternatif dan program-program yang dapat dijalankan untuk meningkatkan kualitas layanan administrasi akademik di Politeknik Pariwisata Palembang.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan Mahasiswa, SWOT

Article Details

How to Cite
Pameli, A., Rahman, M. A., & Sadariawati, R. (2023). Kualitas Pelayanan Politeknik Pariwisata Palembang Bagi Mahasiswa . Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 21–32. https://doi.org/10.5281/zenodo.7949711
Section
Articles