Kualitas Pelayanan Politeknik Pariwisata Palembang Bagi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7949711Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas layanan administrasi akademik di Politeknik Pariwisata Palembang dengan mengidentifikasi faktor strategis internal yang terdiri dari kekuatan dan kelemahan. Faktor kekuatan yang berupa prasarana kerja yang mendukung, akreditasi lembaga pendidikan, lokasi kampus strategis, kemudahan melakukan keluhan, jenjang pendidikan dosen, dan tampilan bangunan yang megah memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kepuasan mahasiswa. Namun, faktor kelemahan seperti kesesuaian mata kuliah dengan kebutuhan tenaga kerja, belum adanya beasiswa untuk mahasiswa berprestasi, kesesuaian biaya kuliah dengan fasilitas yang diterima, dan kekurangan SDM pegawai yang hanya memiliki pendidikan SMA memengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa. Berdasarkan analisis matriks internal dan eksternal, kualitas layanan di Politeknik Pariwisata Palembang berada pada posisi Growth atau sedang berkembang dengan skor bobot internal sebesar 3,49 dan eksternal 3,55. Melalui analisis SWOT, dapat dihasilkan strategi alternatif dan program-program yang dapat dijalankan untuk meningkatkan kualitas layanan administrasi akademik di Politeknik Pariwisata Palembang.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan Mahasiswa, SWOT
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).