PENGARUH PROMOSI ONLINE DAN LOKASI TERHADAP VOLUME PENJUALAN ‘KIMI COLLECTION’ KOTA PAGAR ALAM

Elvera Elvera, Yesita Astarina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi online dan lokasi terhadap volume penjualan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research atau penelitian penjelasan dengan menggunakan uji hipotesis dan pendekatan kuantitatif. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah 214 orang konsumen Kimi ‘Collection’ Kota Pagar Alam yang berbelanja selama bulan Mei 2020. Data yang digunakan adalah hasil jawaban dari kuisioner yang disebarkan kepada sampel penelitian yang berjumlah 68 orang melalui perhitungan rumus Slovin. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan analisis regresi linier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial yang dapat dilihat dari hasil uji t menunjukkan bahwa variabel promosi online mempunyai tingkat signifikansi 0,773>0,05, sedangkan variabel lokasi mempunyai tingkat signifikansi 0,000<0,05. Berdasarkan perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel promosi online tidak berpengaruh terhadap volume penjualan, sedangkan variabel lokasi berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Secara simultan promosi online dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan, kedua faktor ini merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan minat konsumen untuk melakukan pembelian terutama variabel lokasi yang mempunyai pengaruh signifikan. Oleh karena itu, Kimi ‘Collection’ perlu meningkatkan upaya promosi online dan lebih memperhatikan lokasi usahanya untuk dapat meningkatkan volume penjualan.


Full Text:

PDF

References


Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Update PLS Regresi. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Heizer, Jay & Barry Render. (2012). Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Heri, Helwen & Saut Maruba Sihombing. (2018). Analisis Pengaruh Dimensi Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Sepeda Motor Honda (Studi Kasus Pt. Capella Dinamis Nusantara Riau). Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia. 1 (3): 382-396.

Hermawan, Sigit dan Amirullah. (2016). Metode Penulisan Bisnis. Malang: Media Nusa Creative.

Hidayat, Relon Taufik & Sri Zuliarni. (2014). Pengaruh Lokasi Usaha pada Volume Penjualan (Survei pada Restoran Kecil di Lingkungan Universitas Riau). Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis. 9 (2): 92-100.

Kotler, Philip & Gary Amstrong. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Terj. Bob Sabran, Edisi 12. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. (2012). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Nurhalima, Effendy & Rukavina. (2018). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada Restoran KFC Hasanuddin Palu. Jurnal Mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako Palu E-J Agrotekbis 6 (2):194 - 199.

Rachmawati, R. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian pada Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik. 2(2): 143-150.

Rangkuti, Freddy. (2010). Mengukur Efektivitas Program Promosi dan Analisis Kasus Menggunakan SPSS. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sondakh, L. (2012). Analisis Bauran Pemasaran terhadap Penjualan Usaha Bakery (Studi Kasis pada Toko Breadtalk dan Kawan Baru Manado). Jurnal ASE. 8(1): 10-18.

Strauss, Judy & Frost, Raymond. (2012). E-Marketing Edisi International ke-6. London: Pearson.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

Suharsono, Riyanto Setiawan & Rini Purnama Sari. (2019). Pengaruh Promosi Media Online terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab (Studi pada Alif Galeri Hijab Sidoarjo). Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis. 1 (2): 41-54.

Swastha, Basu & Irawan. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Penerbit Liberty.

Swastha, Basu. (2010). Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan. Yogyakarta: BPFE.

Tambajong, Geraldy. (2013). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Di Pt. Sarana Niaga Megah Kerta Manado, Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado. 1 (3): September 2013.

Widodo. (2017). Metodologi Penelitian, Populer dan Praktis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yanti, Arsida Titin., Nurul Qomari & Enny Istanti. (2017). Analisis Pengaruh Variabel Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Minimarket Gery Mart Km 28 Gresik. Jurnal Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Bhayangkara Surabaya. 3 (3): 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.5281/zenodo.3952899

Article Metrics

Abstract view : 169 times
PDF - 213 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Aplikasi Manajemen Bisnis (JAMB) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 ISSN Cetak : 2723-6056 dan ISSN Online : 2723:6048