Analisis Dampak Burnout dan Stres Pada Kinerja Karyawan di PT Pegadaian Kantor Wilayah III

Analysis of the Impact of Burnout and Stress on Employee Performance at PT Pegadaian Regional Office III

Authors

  • Irma Rahmatunnisa Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Markoni Badri Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Purwati Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.17103934

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengidentifikasi sejauh mana stres kerja dan rasa lelah memengaruhi produktivitas karyawan PT Pegadaian Kantor Wilayah III Palembang. Fokus penelitian ini adalah masalah internal perusahaan, terutama beban jam kerja yang tinggi, sifat pekerjaan yang cenderung monoton dan peningkatan ketidakhadiran karyawan, terutama di Divisi Bantuan Perusahaan. Metode kuantitatif dipilih dalam penelitian ini, dengan regresi linier berganda sebagai alat analisis datanya dan melibatkan 63 orang responden sebagai sampel. Hasil Penelitian menunjukan bahwasan nya kelelahan kerja (burnout) berkontribusi negatif dan signifikan terhadap kinerja pekerja. Hal serupa juga terlihat pada stres kerja yang menunjukkan hubungan negatif dan signifikan. Secara simultan, kedua variabel ini mampu menjelaskan 62,6% variasi dalam kinerja karyawan, sementara elemen lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini memengaruhi bagian lain. Hasil ini melihatkan bahwasan nya peningkatan tingkat burnout dan stres kerja pada karyawan berimplikasi pada penurunan kinerja secara signifikan. Hal ini dapat diwujudkan melalui pengaturan beban kerja yang proporsional, peningkatan dukungan sosial di lingkungan kerja, serta program pelatihan yang mampu memperkuat ketahanan mental pegawai

Kata Kunci: Burnout, Stres Kerja, Kinerja Karyawan, Manajemen Sumber Daya Manusia

Downloads

Published

2025-10-01

How to Cite

Rahmatunnisa, I., Badri, M., & Purwati. (2025). Analisis Dampak Burnout dan Stres Pada Kinerja Karyawan di PT Pegadaian Kantor Wilayah III: Analysis of the Impact of Burnout and Stress on Employee Performance at PT Pegadaian Regional Office III. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 39–51. https://doi.org/10.5281/zenodo.17103934