PENGARUH LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN JASA HOTEL DAN PARIWISATA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Sandrayati Sandrayati
  • Aladin aladin
  • Zulkifli zulkifli

Keywords:

likuiditas, profitabilitas, struktur modal

Abstract

Likuiditas yang baik menunjukkan bahwa perusahaan mampu  melunasi utang jangka pendeknya tanpa mengganggu aktivitas operasional yang lain. Perusahaan yang dapat segera mengembalikan utang-utangnya akan mendapat kepercayaan dari kreditur untuk menerbitkan utang dalam jumlah yang besar. Profitabilitas menunjukkan bagaimana perusahaan beroperasidan menghasilkan laba. Semakin tinggi profitabilitas suatu perusahaan berarti makin mampu perusahaan tersebut mengelola sumber dayanya agar menghasilkan laba/keuntungan. Perusahaan yang mempunyai profit tinggi, akan menggunakan sedikit hutang, begitu pula sebaliknya.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap struktur modal Perusahaan Jasa Hotel dan Pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: secara simultan variabel likuiditas dan profitabilitas menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap variabel struktur modal. Hal ini berarti besar kecilnya struktur modal hampir sepenuhnya dipengaruhi oleh likuiditas (current ratio) dan profitabilitas (return on equity) selain faktor-faktor lainnya diluar penelitian. Secara parsial likuiditas tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Hal ini berarti besar kecilnya struktur modal tidak dipengaruhi oleh likuiditas. Sedangkan profitabilitas menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap struktur modal. Hal ini berarti apabila profitabilitas meningkat, perusahaan akan lebih memilih pendanaan dari modal sendiri daripada pendanaan eksternal berupa utang, sehingga dengan kenaikan profitabilitas akan menurunkan struktur modal begitupun sebaliknya. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah, Agus Rahman. 2011. Analisis Pengaruh Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Food And Beverage Di Bursa Efek Indonesia. STIE ASIA Malang,

Hanafi, Mamduh M., Abdul Halim. 2005. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: AMP-YKPN.

Helen.2012.Pengaruh Rasio Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas, dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal PT Asuransi Sinar Mas (ASM).Skripsi.Depok:Universitas Gunadarma.
Ikatan Akuntan Indonesia. 2009. PSAK No.1 Penyajian Laporan Keuangan. Jakarta: IAI

Juanda, bambang. 2009. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Bogor: IPB Press.

Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Liwang, Florencia Paramitha Liwang. 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Serta Pengaruhnya Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2011 (Semantik 2011) ISBN 979-26-0255-0

Martani, Dwi, dkk. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jakarta: Salemba Empat.

Rachmawardani, Yulinda. 2007. Analisis Pengaruh Aspek Likuiditas, Risiko Bisnis, Profitabilitas, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal Perusahaan (Studi Empiris pada Sektor Keuangan dan Perbankan di BEJ Tahun 2000-2005).Tesis. Semarang:Universitas Diponegoro.
Ross, Stephen A.,et.al. 2009. Pengantar Keuangan Perusahaan. Terjemahan oleh Ali Akbar Yulianto, dkk. Jakarta: Salemba Empat.

Septianne. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Publik Sektor Manufaktur. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Vo. 13 No 1 April 2011. Hal.39-56.

Sugiyono. 2005. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Published

2015-07-29