EFEKTIVITAS SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN SISWA SMU DALAM MEMAHAMI TEKS BACAAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Nur Amalia

Keywords:

efektivitas, SQ3R, SMU, metode stuktural, teks bacaan Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMU Muhammadiyah 2 Palembang pada siswa kelas III jurusan IPA/IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dan rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah disain factorial ANAVA 2X2 multifaktor analisis varians. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SMU Muhammadiyah 2 Palembang jurusan IPA/IPS. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas siswa kelas III jurusan IPA dan 2 kelas siswa kelas III jurusan IPS tahun ajaran 2000/2001. Sampel seluruhnya berjumlah 160 orang yang terdiri dari kelompok A berjumlah 80 orang (kelompok eksperimen), dan kelompok B berjumlah 80 orang (kelompok kontrol). Penelitian ini berkesimpulan bahwa (1) Metode SQ3R lebih efektif dari metode Struktural dalam mengembangkan kemampuan membaca teks bahasa Indonesia. (2) Kemampuan membaca siswa IPS sama baiknya dengan dengan kemampuan membaca siswa IPA. (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca siswa IPA dan IPS dalam kelompok metode SQ3R. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara metode dengan jurusan. Pengaruh metode sama terhadap jurusan IPA dan IPS.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2006-04-01