PENGARUH BANGKITAN LALU LINTAS KAMPUS POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA TERHADAP KINERJA RUAS JALAN DI SEKITARNYA

Authors

  • Yusri Yusri Politeknik Negeri Sriwijaya

Keywords:

volume, kapasitas, tingkat pelayanan

Abstract

Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) adalah merupakan salah satu dari tiga perguruan Tinggi (UNSRI, IAIN, POLSRI) yang ada di kota Palembang. Dengan kiprahnya sebagai salah satu pusat pendidikan tinggi yang ada, dari tahun ke tahun akan terjadi peningkatan jumlah sarana, prasarana, civitas academika dan karyawan.  Peningkatan ini akan berpengaruh terhadap pelayanan ruas jalan di sekitar kampus, karena Politeknik merupakan pembangkit lalulintas dari ruas jalan di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran lembaga ini dalam membangkitkan laulintas di sekitarnya terutama terhadap ruas jalan, mengingat kampus ini terletak berdekatan dengan jalan utama yaitu Jl. Sri jaya Negara, Jl. Lunjuk Jaya dan Jl.Demang Lebar Daun.                Dari hasil penelitian diperoleh volume jam puncak : Jl.Srijaya Negara = 1770,698 smp/jam; Jl.Akses Unsri = 911,280 smp/jam; Jl. Akses Polsri = 276,506 smp/jam; Jl. Lunjuk  Jaya = 455,625 smp/jam dan Jl. Demang Lebar daun = 3518,478 smp/jam.Kapasitas ruas jalan diperoleh : Jl.Srijaya Negara = 59948,64 smp/jam; Jl.Akses Unsri = 6175,95 smp/jam; Jl.Akses Polsri = 5595,348 smp/jam; Jl.Lunjuk Jaya = 2851,587 smp/jam dan Jalan Demang Lebar Daun = 6441,90 smp/jam.  Ratio volume terhadap kapasitas (v/c) untuk ruas  jalan: Jl.Srijaya Negara = 0,30; Jl.Akses Unsri = 0,14;  Jl.Akses Polsri = 0,05 ; Jl.Lunjuk Jaya =  0.16; Jl. Demang Lebar Daun = 0,55.  Ke lima ruas jalan tersebut  di atas,  masih dapat menampung arus lalulintas  dan belum diperlukan perubahan fisik jalan.  Pembebanan lalulintas (Unsri + Polsri) terhadap ruas Jalan Srijaya Negara =  67,8 %, sedangkan pembebanan Polsri terhadap ruas jalan Srijaya Negara = 15,6 %,  Jl. Lunjuk Jaya membebani jalan Demang Lebar Daun sebesar 12,95 %.  Kemacetan di depan kampus Unsri hanya disebabkan kendaraan angkot dan bus kota mengisi penumpang di mulut simpang.  Diperlukan koordinasi antara Polsri, Unsri dan Aparatur terkait dalam menanggulangi kemacetan pada jam puncak serta pemasangan rambu lalulintas.

Author Biography

Yusri Yusri, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Sipil

Downloads

Published

2011-09-01