Simulasi Multimedia Interaktif Untuk Menunjang Pemahaman Mahasiswa Dalam Komunikasi Visual

Authors

  • Maivi Kusnandar
  • Indra Satriadi
  • Sony Oktapriandi

Keywords:

Multimedia Interaktif

Abstract

Penelitian ini memberikan gambaran tentang Multimedia interaktif yang merupakan sarana komunikasi yang menggabungkan beberapa media yakni teks, audio, grafik, animasi dan video. Komunikasi visual dengan multimedia interaktif dapat merangsang imajinasi serta kreativitasi peserta dalam berkomunikasi. Senada dengan hal di atas berdasarkan riset computer technology research (CTR): orang mampu mengingat 20% yang dilihat, mampu mengingat 30% dari yang didengar, mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat, serta mampu mengingat 60% dari yang didengar, dilihat dan dilakukan. Penggunaan multimedia interaktif dengan menampilkan fitur-fitur akan dapat dijadikan sarana komunikasi visual.

References

Carapeboka M.S., 2007, Dasar-dasar ilmu Komunikasi, Palembang, Penerbit Universitas Bina Darma.

Erlansyah,D., 2007, Pembelajaran dengan Multimedia, Makalah disampaikan dalam Workshop Pusat Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional, Universitas Bina Darma, Palembang, 3 Juli 2007.

Teori Belajar dan Pembelajaran serta PKn sebagai Pendidikan Nilai, Moral dan Norma, http://www.depdiknas.go.id/jurnal/62/62 003.pdf, (Diakses 10 November 2007).

Severin Warner dkk, 2005, Teori Komunikasi,: Sejarah, Metode dan Terapan di didalam Media Massa, Jakarta, Penerbit Prenada Media.

Published

2010-03-01