PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN ASIMETRI INFORMASI TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN)

Authors

  • Hikmahwati Novita Weningtyas Respat Ade Adriani Nurul Mukhlisah 1)Teknisi Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Banjarmasin email: hikmahwati@akuntansipoliban.ac.id 2)Pengajar Jurusan Akuntansi, Universitas Lambung Mangkurat email : nwrespati@unlam.ac.id 3) Pengajar Jurusan Akuntansi, Universitas Lambung Mangkurat email : adriani@unlam.ac.id 4) Pengajar Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Banjarmasin email : n.mukhlisah@poliban.ac.id

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3840746

Keywords:

Senjangan Anggaran, Partisipasi Anggaran, Asimetri Informasi, Komitmen Organisasi.

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan menguji pengaruh partisipasi penganggaran, asimetri informasi terhadap senjangan anggaran dengan komitmen organisasi sebagai variabel moderasistudi empiris pada Politeknik Negeri Banjarmasin. Penelitian ini mengambil sebuah perguruan tinggi karena pendidikan merupakan faktor penting dalam membangun sifat dan akal manusia, sehingga penelitian ini menggunakan Politeknik Negeri Banjarmasin sebagai lokasi penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah individu / pejabat struktural di lingkungan Politeknik Negeri Banjarmasin yang dalam pekerjaannya berkaitan dengan pengelolaan dan pelaksanaan anggaran. Pengumpulan data dengan metode penelitian lapangan atau penelitian survei. Teknik sampling/pengumpulan data primer dengan mengunakan instrument penelitian berupa kuisioner yang diantar langsung oleh penulis. Variabel dalam penelitian ini adalah Variabel Indivenden (X) adalah Partisipasi Anggaran (X1) dan Asimetri Informasi (X2), Variabel Moderasi (Z) adalah Komitmen Organisasi, dan Variabel Dependen (Y) adalah Senjangan Anggaran. Pengukuran variabel dengan mengunakan skala interval dengan skala likert. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linear Berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi penganggaran berpengaruh positif terhadap senjangan anggaran, asimetri informasi berpengaruh positif terhadap senjangan anggaran. Hasil lainnya adalah komitmen organisasi sebagai variabel moderasi tidak mampu memperlemah atau memperkuat pengaruh partisipasi penganggaran pada senjangan anggaran, dan mampu memperlemah pengaruh asimetri informasi pada senjangan anggaran.

Author Biography

Hikmahwati Novita Weningtyas Respat Ade Adriani Nurul Mukhlisah, 1)Teknisi Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Banjarmasin email: hikmahwati@akuntansipoliban.ac.id 2)Pengajar Jurusan Akuntansi, Universitas Lambung Mangkurat email : nwrespati@unlam.ac.id 3) Pengajar Jurusan Akuntansi, Universitas Lambung Mangkurat email : adriani@unlam.ac.id 4) Pengajar Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Banjarmasin email : n.mukhlisah@poliban.ac.id

Akuntansi

References

Afiani, Dina dan, Syafruddin. 2011. ”Pengaruh Partisipasi Anggaran, Penekanan Anggaran dan Asimetri Informasi terhadap Senjangan Anggaran pada Pemerintah Daerah (Studi pada Pemerintah Kabupaten Semarang)”. Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang.
Afriadinata, et al. 2014. “Pengaruh partisipasi Anggara, Penekanan Anggaran, Komitmen Organisasi dan Asimetri Informasi terhadap Slack Anggaran dengan Kompleksitas tugas sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Bank Perkreditan Rakyat Dikota Singgaraja”. e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha.
Agusti, Restu. 2013. ”Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran terhadap Senjangan Anggaran dengan Dimoderasi Oleh Variabel Komitmen Organisasi dan Informasi Asimetri”. Jurnal Akuntansi. Universitas Riau, Pekanbaru.
Anggraeni, Rika Sari. 2008. Pengaruh Partisipasi Anggaran, Information Asymetry, dan Budget Emphasis terhadap Slack Anggaran (Studi Pada PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi. Universitas Islam Indonesia.Yogyakarta.
Anthony, R.N. dan Govindarajan, V. 2011. Management Control System. Edisi 11. Salemba Empat. Jakarta
Armaeni. 2012. ”Pengaruh partisipasi anggaran, informasi asimetri dan budget emphasis terhadap senjangan anggaran” pada SKPD Pemerintahan Kabupaten Pinrang. Skripsi.
Apriyandi. 2011. “Pengaruh Asimetri Informasi Terhadap Hubungan Antara Anggaran Partisipatif Dengan Badgetery Sleck”. Skripsi. Universitas Hasanuddin. Makasar.
Brownell, P. 1982. The Role of Accounting Data in Performance Evaluation, Budgetary Partisipative, and Organizational Effectiveness. Journal of Accounting Research. Vol. 20, pp. 12-27
Darlis, Edfan 2002. Analisis Pengaruh Komitmen Organisasi dan Ketidakpastian Lingkungan terhadap hubungan antara Partisipasi Anggaran dengan Senjangan Anggaran. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vol.5.
Desmiyawati. 2009. Pengaruh Partisipasi Anggaran terhadap Senjangan Anggaran dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Moderating. Pekbis Jurnal. Vol.1, No.2, Hal. 91-99 Juli.
Dewi, Ratna Purnama. 2008. Pengaruh Budgetary Goal Characteristic terhadap Senjangan Anggaran: Instansi Pemerintah Daerah Kota Padang. Skripsi. Universitas Negeri Padang.
Erlina dan Mulyani, Sri. 2007, Metode Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Manajemen, USU press, Medan.
Fahrianta, R. W. dan Ghozali, I. 2002. Pengaruh Tidak Langsung Sistem Penganggaran Terhadap Kinerja Manajerial: Motivasi sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi. Vol. 11 (1): 77-113. Februari.
Falikhatun. 2007. Pengaruh Partisipasi Penganggaran terhadap Budgetary Slack dengan Variabel Pemoderasi Ketidakpastian Lingkungan dan Kohesivitas kelompok. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Volume 6, No. 2, Halaman 207-221. September.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7. Semarang: Universitas Diponegoro.
Gujarati, D. 2003. Basic Econometric. Mc-Grawhill. New York.
Handayani. 2013. Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Asimetri Informasi Dengan Job Relevant Information (JRI) Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Rumah Sakit Umum Yang Sudah BLU di Sumatera Barat). Artikel. Fakultas Ekonomi Nengri Padang.
Hansen dan Mowen. 2009. Akuntansi Manajerial, Jakarta: Erlangga.
Herman, Edi. 2006. Penganggaran Korporasi: Suatu Pendekatan Terintegratif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Hery. 2011. Soal Jawab Sistem Pengendalian Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Ikhsan, Arfan dan Ishak, Muhammad. 2005. Akuntansi Keperilakuan. Jakarta: Salemba Empat.
Jensen, M. dan Meckling W. 1976. Theory of The Firm: Managerial Behavior, Agency Cost And Ownership Structure. Journal of Financial Eco-nomics. 3: 305-360.
Ikhsan, at.al . 2007. ”Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Senjangan Anggaran Dengan Menggunakan Lima Variabel Pemoderasi”. Symposium Nasional Akuntansi X.
Ikhsan Arfan dan Imam Ghazali, 2006, Metodologi Penelitian Bisnis dan Manajemen, edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta.
Kardila, 2014. Pengaruh Komitmen Organisasi sebagai Variabel Moderasi Dalam Hubungan Antara Partisipasi Anggaran Terhadap Senjangan Anggaran (Studi Empiris SKPD Kota Payakumbuh). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang
Kartika, 2010. Pengaruh Komitmen Organisasi dan Ketidak Pastian Lingkungan Dalam Hubungan Antara Partisipasi Anggaran dengan Senjangan Anggaran (Studi Empirik Pada Rumah Sakit Swasta di Kota Semarang). Kajian Akuntansi, Pebruari 2010, Hal: 39 - 60 Vol. 2 No. 1 ISSN : 1979-4886. Program Studi Akuntansi Universitas Stikubank. Semarang.
Kenis, 1979. Effecton Budgetary Goal Karakteristik On Managerial Attitude and Performance. The Accounting Review. LIV(4):707-721.
Kusuma. 2013. “Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran, Komitmen Organisasi, dan Ketidakpastian Lingkungan Pada Ketepatan Anggaran (Studi Empiris di SKPD Pemerintah Provinsi Bali”. Tesis Program Studi Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Udayana.
Kren, L, dan W.M. Lio.2003.”The Role of Accounting Information in the Control Organitation: A Review Of The Evidance”, Journal Accounting Literature, Vol.7,1988,280-309.
Kridawan Aji. 2014. “Pengaruh Kejelasan sasaran Anggaran Terhadap Senjangan Anggaran Dengan Asimetri informasi Sebagai Variable Moderasi”. Journal Accounting Analysis. Unnes.
Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi sepuluh. Yogyakarta: Andi Offset.
Latuheru, Belianus Patria. 2005. Pengaruh Partisipasi Anggaran terhadap Senjangan Anggaran dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Moderating: Studi Empiris pada Kawasan Industri Maluku. Jurnal Akuntansi & Keuangan, Vo.7, No. 2, November.
Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Edisi 2. Yogyakarta: Andi Offiset.
Martijn, Schoute, and Wiersma, Eelke. 2011. Hubungan antara Tujuan Penggunaan Anggaran dan Senjangan Anggaran. Marc J. Epstein, John Y. Lee (ed.). (Kemajuan dalam Akuntansi Manajemen, Volume 19), Emerald Grup Limited, pp.75-107.
Mulyadi. 2001. Akuntansi Manajemen: Konsep, Manfaat dan Rekayasa. Yogyakarta: Salemba Empat.
Mulyani dan Rahman. 2012. Pengaruh partisipsi anggaran, tekanan anggaran, komitmen organisasi dan kompleksitas tugas terhadap slack anggaran Pada Perbankan Di Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi. Vol. 18 No. 1 Juni.
Nafarin, M. 2004. Penganggaran Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.
Nouri, H, dan R.J. Parker. 1996. “The Effect of Organisational Commitment and Relation between Budgetary Participation and Budgetary Slack”. Behavior Research in Accounting 8. Hal 74-89.
Umar, Husin. 2008, Metode Riset Akuntansi Terapan, Penerbit galia Indonesia, Bogor.
Utami, Rahmi. 2012. “Pengaruh Interaksi Budaya Organisasi Dan Group Cohesiveness Dalam Hubungan Antara Partisipasi Penganggaran Dan Senjangan Anggaran pada SKPD Kabupaten Dharmasraya”. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.
Pratama, R. 2013. Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Senjangan Anggaran Dengan Komitmen Organisasi Dan Motivasi Sebagai Pemoderasi.
Prilandani. 2015. Pengaruh Partisipasi Penggaran Pada senjangan Anggaran Di Universitas Udayana Dengan Informasi Asimetri dan Motivasi Sebagai Pemoderasi. Tesis.Denpasar. Program Pascasarjana Universitas Udayana.
Rahman Firdaus, 2009. Pengaruh Kejelasan Sasaran AnggaranTerhadap Senjangan Anggaran Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Pemoderasi. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi I Vol. 15 No. 1 Juni 2009.
Rahmiati, Elfi. 2013. “Pengaruh Partisipasi Anggaran terhadap Senjangan Anggaran dengan Asimetri Informasi dan Komitmen Organisasi sebagai Pemoderasi (Studi Empiris pada Pemerintah Daerah Kota Padang). Artikel Ilmiah. Padang : Universitas Negeri Padang.
Riansah, Lira Azhimatinnur. 2013. ”Pengaruh Partisipasi Anggaran terhadap Senjangan Anggaran dengan Asimetri Informasi dan Kecukupan Anggaran sebagai Variabel Moderating (Studi di Instansi Pemerintah Daerah Kota Sukabumi)”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Rudianto. 2009. Penganggaran: Konsep dan teknik Penyusunan Anggaran. Jakarta: Erlangga.
Robbins, Stephen P. 2007. Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat.
Sekaran, Uma. 2006. Metode Penelitian Untuk Bisnis. Buku 2, Edisi 4, Salemba Empat, Jakarta.
Suhartono, Erhmann dan, Mochammad Solichin. 2006. ”Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran terhadap Senjangan Anggaran Instansi Pemerintah Daerah dengan Komitmen Organisasi sebagai Pemoderasi”. Simposium Nasional Akuntansi IX, Padang 23 -26 Agustus 2006.
Suartana, I. W. 2010. Akuntansi Keperilakuan. Edisi 1. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sugiwardani, Resti. 2012. “Analisis Pengaruh Partisipasi Anggaran, Informasi Asimetri, Budaya, dan Komitmen Organisasi terhadap Budgetary Slack”. tesis. Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.
Sugiarta, et.al. 2014. Pengaruh Anggaran Partisipatif Terhadap Budgetary Slack Dengan Informasi Asimetri Sebagai Pemoderasi Pada Pemerintah Kabupaten Buleleng. e-Journal S1 Akuntansi (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014). Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Supanto. 2010. “Analisis Pengaruh Partisipasi Penganggaran terhadap Budgetary Slack dengan Informasi Asimetri, Motivasi, Budaya Organisasi sebagai Pemoderasi.” (studi kasus pada politeknik negeri semarang)”. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.
Sopiah. 2008. Perilaku Organisasional. Yogyakarta: PT. Andi.

Sujana, Ketut. 2010. “Pengaruh Partisipasi Penganggaran, Penekanan Anggaran, Komitmen Organisasi, Asimetri Informasi dan Ketidakpastian Lingkungan Terhadap Budgetary Slack Pada Hotel-Hotel Berbintang Di Kota Denpasar”. Artikel Ilmiah. Bali : Universitas Udayana.
Supriyono, R, A. 2001. Akuntansi Manajemen1, Edisi 1. Yogyakarta: BPFE.
Yulianti. 2014. Pengaruh Partisipasi Penganggaran, Komitmen Organisasi, dan Kompleksitas Tugas Terhadap Senjangan Anggaran (Studi Empiris pada BUMN Di Kota Padang). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.
Warindrani, Armila K. 2006. Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Venusita, Lintang. 2006. Partisipasi Anggaran dan Keterlibatan Kerja terhadap Senjangan Anggaran dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Moderasi. (Studi pada Perusahaan Industri Food and Beverage di Kawasan Industri SIER). Jurnal. Universitas Widya Kartika Surabaya.
Veronica, Amelia. 2009. “Pengaruh Partisipasi Penganggaran, Penekanan Anggaran, Komitmen Organisasi, dan Kompleksitas Tugas Terhadap Slack Anggaran Pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Di Kabupaten Badung”. Artikel Ilmiah. Bali : Universitas Udayana.

Downloads

Published

2018-08-08

How to Cite

Ade Adriani Nurul Mukhlisah, H. N. W. R. (2018). PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN ASIMETRI INFORMASI TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN). Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 2(1), 25–41. https://doi.org/10.5281/zenodo.3840746