ANALISIS PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) LQ 45 SAHAM PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Main Article Content

PERIANSYA PERIANSYA

Abstract

Penelitian Analisis Pengaruh rasio keuangan terhadap return on asset 45 saham yang terdaftar di bursa efek Indonesia”.bertujuan untuk mengetahui seberapa besar variabel bebas yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap return on asset. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan dari  45 Perusahaan (LQ 45) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2008 sampai dengan 2011 yang diambil dari website idx (www.idx.co.id). Penelitian ini didapat bahwa variabel independen berpengaruh terhadap return on asset secara bersama-sama, dan secara parsial hanya satu variabel independen yang berpengaruh terhadap return on asset yaitu debt to equity ratio. Hal ini menunjukkan bahwa debt to equity ratio, dan total asset turnover indikator yang berpengaruh besar terhadap penentuan besarnya return on asset.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

PERIANSYA PERIANSYA

Akuntansi

References

Anggrainy Putri. 2010. Analisis Pengaruh CAR, NPL, BOPO, NIM dan LDR terhadap ROA Studi Kasus pada Bank Umum Go Public yang Listed di Bursa Efek Indonesia
Budi Ponco. 2007. Analisis Pengaruh CAR, NPL, BOPO, NIM, dan LDR terhadap ROA pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2004-2007.
Aminatuzzahra, 2009. Analisis Pengaruh CR, DER, TAT, NPM terhadap ROE pada perusahaan manufaktur go public di Bursa Efek Indonesia periode 2005-2009
Meilinda Afriyanti, 2011. Analisis Pengaruh Current Ratio, Total Asset Turnover, Debt to Equity Ratio, Sales dan Size terhadap Return on Asset (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2006-2009).
Jefri Antono, 2012. Analisis Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Return on Asset (ROA) pada Perusahaan Non Bank LQ 45.
Agnes Sawir, (2001). Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Agus Sartono, 2001. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPEF-Yogyakarta.
Ghozali. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Undip
Harahap, Sofyan Syafri. 2004. Akuntansi Aktiva Tetap, Edisi Ketiga, Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo .
Husein Umar. 2003. Metode Riset Bisnis. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Ikatan Akuntan Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat
Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Lukman Syamsuddin. (2007). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Mahmud M Hanafi dan Abdul Halim. 2003. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian dan Bisnis. Bandung: Alfabeta
Saptono S. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Semarang:UNNES.
____ 2009: Penyataan Standart Akuntansi Keuangan (PSAK) No 1: Penyajian Laporan Keuangan. Jakarta: IAI
Wild, John J. Subramayan, K.R., Halsey, Robert F. 2005. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 8, Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
www.idx.co.id