PENGARUH BESAR ARUS LISTRIK DAN PANJANG BUSUR API TERHADAP HASIL PENGELASAN.

Main Article Content

Fenoria Putri

Abstract

Definisi pengelasan menurut DIN (Deutsche Industrie Norman) adalah ikatan metalurgi pada sambungan logam atau logam paduan yang dilakukan dalam keadaan lumer atau cair. Dengan kata lain, las merupakan sambungan setempat dari beberapa batang logam dengan menggunakan energi panas. Mengelas merupakan salah satu cara menyambung logam dengan menggunakan panas. Salah satu cara menyambung logam selain dengan menggunakan las gas adalah dengan cara menggunakan las listrik, ini yang biasa disebut dengan las busur listrik atau umumnya disebut las listrik. Las listrik adalah suatu proses penyambungan logam dengan menggunakan tenaga listrik sebagai sumber panas dan elektroda sebagai bahan tambah. Penyalaan busur api dapat dilakukan dengan dua cara untuk pesawat las AC penyalaan busur api yang digunakan dengan cara menggoreskan elektroda pada benda kerja, sedangkan untuk mesin las DC, penyalaan yang digunakan dengan cara disentuhkan atau dihentakkan pada benda kerja Dalam memilih besarnya arus yang digunakan, tergantung pada besar kecilnya diameter elektroda dan jenis serta tipe elektroda yang digunakan, karena tiap-tiap elektroda memiliki ampere minimum dan maximum. Pada prakteknya dipilih ampera pertengahan atau rata. Jarak panjang pendeknya busur api sangat berpengaruh terhadap hasil pengelasan. Panjang busur (L) yang normal adalah kurang lebih sama dengan diameter (D) kawat inti elektroda. Bila panjang busur api tepat (L=D), maka cairan elektroda akan mengalir dan mengendap dengan baik, bila busur api terlalu panjang (L>D), maka timbul bagian-bagian yang berbentuk bola dari cairan elektroda, bila busur api terlalu pendek (L<D), maka dapat terjadi pembekuan ujung elektroda pada pengelasan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putri, F. (2012). PENGARUH BESAR ARUS LISTRIK DAN PANJANG BUSUR API TERHADAP HASIL PENGELASAN. AUSTENIT, 1(02). https://doi.org/10.5281/zenodo.4542640
Section
Articles

References

B.H. Amstead, Sriati Djaprie (Trans), 1997. Teknologi Mekanik, Jakarta. PT. Erlangga.

Harsono Wiryosumantro Prof, Dr, Ir, dan Those Okumura, Prof, Dr, Ir, 1996. Teknologi Pengelasan Logam. Cetakan Ketujuh, Jakarta :, PT. Pradnya paramita.

Sriwidarto, 1996. Petunjuk Kerja Las, Cetakan Ketiga, Jakarta. PT. Pradnya Paramita,.

Suharto, Ir, 1991. Teknologi Pengelasan Logam : Cetakan Pertama, Jakarta. PT. Rineka Cipta.

W. Kenyon, Dimes Ginting, Ir (Trans). 1995. Jakarta. PT. Erlangga.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.