HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN CNC DITINJAU DARI PERSEPSI TENTANG DUNIA KERJA DAN MINAT BELAJAR

Main Article Content

Nofrizal Nofrizal
Waskito Waskito
Yuliana Yuliana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis  hubungan (1) Persepsi tentang dunia kerja dengan hasil belajar pemrograman CNC, (2) Minat belajar dengan hasil belajar pemrograman CNC, (3) Persepsi tentang dunia kerja dan minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar pemrograman CNC mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT UNP tahun 2011. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Sampel penelitian ini berjumlah 124 orang mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT UNP, menggunakan rumus Slovin dengan teknik propotional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan (1) nilai koefesien korelasi antara persepsi tentang dunia kerja dengan hasil belajar pemrograman CNC sebesar 0,438 dengan kriteria korelasi sedang, (2) nilai koefesien korelasi antara minat belajar dengan hasil belajar pemrograman CNC sebesar 0,492 dengan kriteria korelasi sedang, (3) nilai koefesien korelasi antara persepsi tentang dunia kerja dan minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar pemrograman CNC mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT UNP tahun 2011 sebesar 0,557 dengan kriteria korelasi sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nofrizal, N., Waskito, W., & Yuliana, Y. (2015). HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN CNC DITINJAU DARI PERSEPSI TENTANG DUNIA KERJA DAN MINAT BELAJAR. AUSTENIT, 7(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.4547537
Section
Articles
Author Biographies

Nofrizal Nofrizal, Universitas Negeri Padang

Pendidikan Teknologi dan Kejuruan

Waskito Waskito, Universitas Negeri Padang

Pendidikan Teknologi dan Kejuruan

Yuliana Yuliana, Universitas Negeri Padang

Pendidikan Teknologi dan Kejuruan

References

1. As’ari, Djohar. 2006. Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
2. Bimo, Walgito. 2004. Pengantar Ilmu Psikologi. Yogyakarta: Andi Offset.
3. Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
4. Idris. 2010. Aplikasi Model Analiusis Data Kuantitatif Dengan Program SPSS. Padang: UNP.
5. Undang–undang RI 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://www.infokursus.net/download/UU_20_2003.pdf, diakses 25 Januari 2013.
6. Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
7. Skinner, B.F. 1995. Science and Human Behaviour. New York: Macmillan.
8. Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
9. Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
10. Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
11. Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
12. Winkel, WS. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grafindo