ANALISIS PENINGKATAN KEKERASAN BAJA AMUTIT MENGUNAKAN MEDIA PENDINGIN DROMUS

Main Article Content

karmin Karmin
Muchtar Ginting

Abstract

Baja amutit adalah salah satu jenis baja yang identik dengan AISI O1, mempunyai kekerasannya 18,7 HRc dan kekuatan tarik 677 N/mm2. Baja ini dapat ditingkatkan kekerasannya melalui proses quenching dengan oli sehingga memungkinkan digunakan untuk keperluan industri sebagai baja perkakas pengerjaan dingin seperti dies, punch,serta keperluan lain. Hardening dan tempering adalah salah suatu proses yang digunakan untuk mengubah sifat mekanik baja. Pada penelitian ini proses hardening, baja dipanaskan hingga temperatur 800oC kemudian didinginkan cepat menggunakan media pendingin emulsi (dromus oil dengan air) sebagai pengganti oli, proses ini menghasilkan baja yang sangat keras dan getas. Baja kemudian dipanaskan kembali pada temperatur 200o C dan ditahan selama satu jam dan didinginkan perlahan-lahan dalam dapur, proses ini dinamakan tempering. Dengan memanaskan kembali baja maka akan didapatkan baja yang kekerasan dan kekuatan tariknya sedikit lebih rendah tetapi keuletannya lebih baik. Hasil penelitian pengerasan baja amutit menggunakan media pendingin dengan variasi rasio campuran dromus oil dengan air, setelah ditempering pengingkatan kekerasan tertinggi adalah 63,08 HRc, diperoleh dengan menggunakan emulsi dromus oil dengan air rasio 1:30 sedangkan menggunakan oli sebagai media quenching dihasilkan kekerasan 58 HRc.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Karmin, karmin, & Ginting, M. (2012). ANALISIS PENINGKATAN KEKERASAN BAJA AMUTIT MENGUNAKAN MEDIA PENDINGIN DROMUS. AUSTENIT, 4(01). https://doi.org/10.5281/zenodo.4544285
Section
Articles

References

1. Barney E, Klamechi, 2003 Material and Processes in Manufacturing, Ninth Edition John Wiley & Sons, Inc.
2. Cherly R Books, 1996, Principles of the Heat Treatment of Plain Carbon and Low Alloy Steels, First printing ASM International.
3. Daniel A.Brandt, 1985, Metallurgy Fundamentals. The Goodheart-Willcox Company,Inc. Publisher.
4. John R.Newby,1992, ASM Handbook, Volume 8 Mechanical Testing, ASM international, Printed in the United States of America.
5. Suherman,W,1997, Prinsip-prinsip
Perlakuan Panas, ITS, Surabaya.
6. Totten,GE, BatesCE,Clinton,NA, Hand Book of Quenchant and Quenching Technology, ASM International ,USA,
1993,
7. .............Bohler K460, Kaltar beiits stahl cold working tool steel, internet.
8. .............internet, Daril Modified
11/30/209, 10:38 AM

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>