PENGARUH PROSES PACK CARBURIZING MENGGUNAKAN MEDIA BATUBARA TERHADAP KEKERASAN PISAU KUDUK KHAS DAERAH GEDUNG AGUNG LAHAT

Main Article Content

Muhammad Rasid
Zainuddin Zainuddin
Muhammad Guntur Redho Kurniawan

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kekerasan dan meningkatkannya agar sesuai dengan standar pisau yang telah ditetapkan dengan memanfaatkan barang sisa limbah industri kendaraan agar masyarakat pengrajin pandai besi dapat merasakan dampak dari ilmu pengetahuan terkhusus pada bidang rekayasa material dengan metode pack carburizing, supaya dapat menambah nilai jual serta memasarkan produknya dalam skala nasional bahkan internasional demi meningkatnya ekonomi mikro dan kesejahtraan masyarakat. Pada penelitian ini pack carburizing dilakukan pada temperatur 9000C dengan waktu tahan selama 90,120, dan 150 menit dengan media karburasi batubara. Setelah uji pack carburizing dilanjutkan pengujian kekerasan dan uji struktur mikro untuk melihat perubahan nilai kekerasan dan fasa yang terbentuk saat sebelum tanpa perlakuan dan setelah melalui tahap pack carburizing, pada penelitian ini pengujian kekerasan menggunakan metode Rockwell dengan acuan peningkatan nilai HRC. Setelah melalui proses perlakuan maka didapat hasil yaitu peningkatan nilai kekerasan hasil carburizing terendah pada holding time 90 menit yaitu sebesar 37,9 HRC, sedangkan nilai kekerasan tertinggi didapat pada waktu tahan 120 menit yaitu sebesar 55,3 HRC jika dipersentasikan meningkat sebesar 44% dari nilai awal tanpa perlakuan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rasid, M., Zainuddin, Z., & Kurniawan, M. G. R. (2018). PENGARUH PROSES PACK CARBURIZING MENGGUNAKAN MEDIA BATUBARA TERHADAP KEKERASAN PISAU KUDUK KHAS DAERAH GEDUNG AGUNG LAHAT. AUSTENIT, 10(2), 88–93. https://doi.org/10.5281/zenodo.4547669
Section
Articles
Author Biographies

Muhammad Rasid, Politeknik Negeri Sriwijaya

Mechanical Engineering

Zainuddin Zainuddin, Politeknik Negeri Sriwijaya

Mechanical Engineering

Muhammad Guntur Redho Kurniawan, Politeknik Negeri Sriwijaya

Mechanical Engineering

References

1. Hafni,. dan Nurizal. 2014. “Pengujian Tungku Pack Carburizing Untuk Pengerasan Permukaan Baja Karbon Rendah Dengan Media Karburasi Campuran Arang Tempurung Kelapa Dan BaCo3”, Jurnal Momentum Vol.16, INSTITUT TEKNOLOGI PADANG, Padang.

2. Kuswanto, Bambang. 2010. “Perlakuan Pack Carburizing Pada Baja Karbon Rendah Sebagai Material Alternatif Untuk Pisau Potong Pada Penerapan Teknologi Tepat Guna”, Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2010, JURUSAN TEKNIK MESIN POLITEKNIK NEGERI SEMARANG.

3. Rasid, Muhammad dkk. 2014. “Pemanfaatan Metode Nitridasi Untuk Meningkatkan Kekerasan dan Ketahanan Korosi Pada Baja Pegas Per Mobil”, Prosiding Seminar Nasional 2015, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

4. Setiono, Yud. 2012. “Penelitian Sifat Fisis Dan Mekanis Baja Karbonisasi Arang Kayu Sengon”. Tugas Akhir. Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

5. Trihutomo, Prihanto. 2015. “Analisa Kekerasan Pada Pisau Berbahan Baja Karbon Menengah Hasil Proses Hardening Dengan Media Pendingin Yang Berbeda”. Jurnal Teknik Mesin No 23, UNIVERSITAS NEGERI MALANG, Malang.

6. Waluyo, Joko. 2009. “Pengaruh Temperatur Dan Waktu Tahan Pada Proses Karburisasi Cair Terhadap Kekerasan Baja AISI 1025 Dengan Media Pendinginan Air”. Skripsi. Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin, UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>