ANALISA PENGARUH PACK CARBURIZING TERHADAP SIFAT MEKANIS SPROCKET IMITASI SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN ARANG KAYU GELAM DAN SERBUK CANGKANG REMIS SEBAGAI KATALISATOR

Main Article Content

Ella Sundari
Taufikurrahman Taufikurrahman
Reza Fahlevi

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisa peningkatan sifat mekanik material sprocket imitasi setelah dilakukan proses carburizing dan membandingkannya dengan sprocket original tanpa perlakuan. Adapun variabel bebas yang digunakan sprocket genuine part, dan sprocket imitasi yang sudah mengalami perlakuan panas, media pendingin (air, oli bekas, silikon oil, dan udara), dengan variasi temperatur (850 dan 900 °C) dengan penahanan waktu 1 jam dengan media karbonisasi arang kayu gelam dan serbuk cangkang remis sebagai katalis. Pengujian yang dilakukan  adalah pengujian komposisi kimia dan kekerasan dengan metode Rockwell hardness tester B. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah peningkatan nilai kekerasan optimum pada sprocket imitasi dengan proses carburizing pada temperatur 900 °C dengan penahanan waktu 1 jam dengan media pendingin air, kekerasannya meningkat sebesar 43.07% dibanding dengan sprocket imitasi tanpa proses carburizing, dan lebih tinggi 13,94% diatas nilai kekerasan sprocket original. Dan pada pengujian komposisi kimia, sprocket imitasi dengan proses carburizing kadar karbonnya meningkat dari 0,159% menjadi 0,29%C, dimana karbon berfungsi sebagai unsur pengeras dalam struktur baja.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sundari, E., Taufikurrahman, T., & Fahlevi, R. (2018). ANALISA PENGARUH PACK CARBURIZING TERHADAP SIFAT MEKANIS SPROCKET IMITASI SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN ARANG KAYU GELAM DAN SERBUK CANGKANG REMIS SEBAGAI KATALISATOR. AUSTENIT, 10(2), 72–78. https://doi.org/10.5281/zenodo.4547660
Section
Articles
Author Biographies

Ella Sundari, Politeknik Negeri Sriwijaya

Mechanical Engineering

Taufikurrahman Taufikurrahman, Politeknik Negeri Sriwijaya

Mechanical Engineering

Reza Fahlevi, Politeknik Negeri Sriwijaya

Mechanical Engineering

References

Adinata. 2017. Sifat Fisik dan Mekanik Baja Karbon Rendah dengan Perlakuan Carburizing Arang Kayu Jati. Skripsi tidak diterbitkan. Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Amstead B. H., et al. 1992. Teknologi Mekanik. Jilid 2. Diterjemahkan oleh Sriati Djaprie. Penerbit Erlangga.

Beumer, B.J.M. 1980. Pengetahuan Bahan. Jilid 3. Diterjemahkan oleh B.S. Anwir. Penerbit Bhratara Karya Aksara.

Budinski, K.G, and Budinski, M.K. 1999. Engineering Materials (6th Ed.). New Jersey: Prentice – Hall Inc.

Darmanto. 2006. Pengaruh Holding Time Terhadap Sifat Kekerasan Dengan Refining The Core Pada Proses Carburizing Material Baja Karbon Rendah. Jurnal Traksi Vol 4 No.2 Desember 2006. Teknik Mesin Universitas Wahid Hasyim.

Gapur. 2014. Pemanfaatan Cangkang Kerang Hijau, Kerang Darah, dan Remis sebagai Katalis Heterogen untuk Produksi Biodiesel. Skripsi belum diterbitkan. Teknik Kimia Universitas Riau Pekanbaru.

Jamil, dan Abdullah. 2013. Pengaruh Karburisasi Padat dengan Katalisator Cangkang Kerang Darah (CaCO_3) Terhadap Sifat Mekanik dan Keasuhan Baja St 37. Jurnal Prosiding Vol 7 Desember 2013. Teknik Mesin Universitas Hasanuddin.

Karmin, Sairul. E, Firdaus, dan Romli. 2018. Analisa Perubahan Sifat Mekanik dan Struktur Mikro Multi Quenching Terhadap Hasil Pack Carburizing Baja Karbon Rendah. Jurnal Austenit Vol 10 No.1 April 2018. Teknik Mesin Politeknik Negeri Sriwijaya

Kuswanto. 2010. Pengaruh Perbedaan Ukuran Butir Arang Tempurung Kelapa-Barium Karbonat Terhadap Peningkatan Kekerasan Permukaan Material Baja St 37 dengan Proses Pack Carburizing. Tesis belum diterbitkan. Teknik Mesin Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang.

Mas’ad, Muh. Amin, dan Solechan. 2008. Analisa Pengaruh Pack Carburizing Menggunakan Arang Mlanding untuk Meningkatkan Sifat Mekanis Sprocket Sepeda Motor Suzuki. Jurnal Prosiding Vol 4 2013. Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Semarang.

Nanulaitta, dan Patty. 2011. Analisa Nilai Kekerasan Baja Karbon Rendah (S35C) dengan Pengaruh Waktu Penahanan (Holding Time) Melalui Proses Pengarbonan Padat (Pack Carburizing) dengan Pemanfaatan Cangkang Kerang sebagai Katalisator. Jurnal Teknologi Vol 8 No.2 2011.

Pollack, Herman W. 1981. Material Science and Metallurgy (3rd Ed.). Reston Publishing Company.

PT FSCM Manufacturing Indonesia Engineering Department. 2012. Baja Karbon.

Schonmetz, Alois, dan Karl Gruber. 1985. Pengetahuan Bahan dalam Pengerjaan Logam. Bandung: Angkasa.

Sujita. 2016. Proses Pack Carburizing dengan Media Carburizer Alternatif Serbuk Arang Tongkol Jagung dan Serbuk Cangkang Kerang Mutiara. Jurnal Mechanical Vol 7 No.2 September 2016. Teknik Mesin Universitas Mataram.

Totten, G.E, Bates, C.E, dan Clinson, N.A. 1993. Handbook of Quenchants and Quenching Technology. USA: ASM Internasional

Vander Voort, G.F. 1999. Metallography: Principlis and Practice. ASM International, Material Park, OH.

Vlack, L. H. Van. 2004. Elemen-elemen Ilmu dan Rekayasa Material. Jilid 6. Diterjemahkan oleh Sriati Djaprie. Penerbit Erlangga.

Wisnujati. 2017. Analisa Perlakuan Carburizing Terhadap Sifat Fisik dan Mekanik pada Bahan Spocket Imitasi Sepeda Motor. Jurnal Simetris Vol 8 No.1 April 2017. Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Most read articles by the same author(s)