PENGARUH SUDUT POTONG (RAKE ANGLE) PADA PROSES TURNING TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN

Main Article Content

Iskandar Iskandar

Abstract

Penggunaan mesin-mesin CNC pada saat ini sudah semakin luas, hampir semua proses manufaktur sudah menggunakan mesin CNC termasuk turning. Pada prosesnya mesin CNC ini dapat dioperasikan secara manual ataupun otomatis dengan menggunakan program NC, dimana pergerakan dari mata potong akan diatur oleh dua sumbu dan bergerak sesuai dengan perintah dari program yang telah dimasukkan. Pada proses pembubutan untuk menentukan kualitas permukaan banyak faktor yang sangat berpengaruh antara lain kecepatan potong, kecepatan makan, kedalaman potong, termasuk geometri pahat. Pada penelitian ini difokuskan perubahan sudut potong (rake angle) 3o, 6o, 9o, dan 120o. Metode eksperimen faktorial digunakan untuk menentukan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kekasaran permukaan spesimen uji dari baja karbon sedang (mild steel). Hasil dari analisa data eksperimen menggunakan ANOVA ditemukan bahwa faktor sudut potong (rake angle) dan gaya potong pahat berpengaruh terhadap kekasaran spesimen uji.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Iskandar, I. (2010). PENGARUH SUDUT POTONG (RAKE ANGLE) PADA PROSES TURNING TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN. AUSTENIT, 2(02). https://doi.org/10.5281/zenodo.4544132
Section
Articles

References

1. Rochim, Taufiq. Teori dan Teknologi Proses Permesinan. Bandung : Penerbit Laboratorium Teknik Produksi Permesinan, Jurusan Teknik Mesin, FTI – ITB, 1993.
2. Kalpakjian, S. Manufacturing Engineering and TechnologyThird Edition. Chicago : Addison Wesley Company, 1995.
3. Ghosh, A and A.K. Mallik. Manufacturing Science. Chichester : Ellis Horwood Limited, 1986.
4. Gibbs, David dan Thomas M.
Crandell. Dasar-Dasar Teknik dan Pemograman CNC, New York :Industrial Press. Inc. Jakarta : PT Rosda Jaya putra, 1991.
5. www. Bibsonomy.org, diundu tanggal 7 April 2010
7. Irwan soejanto, 2009, “Desain Eksperimen Dengan Metode Taguchi”, edisi pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta
8. Sudjana, 1994, “Desain Dan Analisis Eksperimen”, Edisi III, Tarsito, Bandung